Pengalaman Tes GAT di PT.PLN (Persero)


Setelah ada seorang pengunjung Blog ini yang merasa tertipu dengan posting saya yang terdahulu, akhirnya saya sempatkan untuk menulis tentang pengalaman Tes GAT di PT.PLN (Persero).
Apa itu tes GAT? GAT adalah General Aptitude Test, tes disini lebih mirip dengan tes IQ atau psikotes dan setiap jenis Soal harus dekerjakan dalam waktu yang sudah ditentukan oleh pengawas ujian, jadi harus berfikir cepat dan tepat. saya sarankan untuk banyak belajar dengan membeli buku tentang psikotes yang sangat banyak dijual ditoko buku.:D

  • Deret angka

disini kita disuruh menghitung angka terakhir dari deret angka tersebut yang terdiri dari beberapa soal dan harus di selesaikan dalam waktu beberapa menit saja, jadi harus cepat dalam menghitung..:D

contoh gambar :

Tes Deret angka PT PLN Persero.

  • Mengingat Sisi Kubus

disini kita diminta untuk melihat sebuah kubus dan mengingat sisinya, karena tiap kubus memilik Corak berbeda di setiap sisinya, dan kita diminta memilih salah satu kubus yang sesuai dengan soal yang ditanyakan.

contoh gambar

Pengalaman tes PT PLN Persero

tes kubus GAT PLN

  • Korelasi

Disini kita diminta mencari korelasi yang tepat diantara beberpa pilihan

contoh :

1. Mobil – Bensin = Pelari – ….   a. Makanan   b. Sepatu   c. Kaos   d. Lintasan
    2. Dingin – Selimut = Hujan – ….   a. Air   b. Payung   c. Dingin   d. Basah
    3. Semir – Sepatu = Sikat – ….   a. Kuku   b. Rambut   c. Televisi   d. Gigi
    4. Kepala – Pusing = Perut – ….   a. Batuk   b. Pilek   c. Mules   d. Gemuk

dan masih ada beberapa jenis soal, seperti soal cerita matematika seperti kita saat SD dulu, untuk itu saya sarankan banyak belajar tentang soal psikotes bisa mencari di internet ataupun di toko buku. selagi kita mau belajar saya yakin kita bisa melewati tes ini.

Sekian share dari saya, beberapa soal diatas hanyalah contoh dan pada kenyataannya masih banyak jenis soal lain saat mengikuti tes GAT ini.

SELAMAT BERJUANG.

untuk tahap selanjutnya mungkin akan saya posting lain kali.:)
 

4 comments on “Pengalaman Tes GAT di PT.PLN (Persero)

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Pribadi saya, Silakan Tinggalkan Komentar anda.

